Cara Pemasteran Burung LoveBird
Cara Pemasteran Burung LoveBird

Cara Pemasteran Burung LoveBird

Posted on

Burung lovebird memang mudah untuk dipelihara, bahkan bagi pemula yang baru memasuki dunia perawatan burung kicau. Jadi, jika Anda adalah pemula dalam hal ini, lebih baik memilih lovebird sebagai burung peliharaan Anda. Alasannya, mereka sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Suara lovebird sangat diminati oleh para penggemar lovebird. Selain memiliki suara ngekek panjang, variasi suara juga menjadi incaran, karena semakin bagus variasi suara lovebird, semakin besar peluangnya untuk menang dalam kompetisi kicau.

Namun, untuk mendapatkan kicauan yang berkualitas dari burung lovebird melalui pemasteran, Anda perlu tahu cara yang sesuai dengan keinginan Anda sebagai pemiliknya.

Dalam pemasteran untuk persiapan kompetisi, Anda dapat melatih lovebird dengan menggunakan suara burung lain yang memiliki karakter suara mirip dengan lovebird.

Tetapi, jika Anda ingin mendapatkan suara isian yang beragam, Anda dapat mencoba melatih lovebird Anda dengan menggunakan suara burung lain seperti prenjak betina, ciblek, dan jenis burung lainnya.

Daftar Isi

Cara Pemasteran Lovebird

Untuk menghasilkan suara masteran lovebird yang baik, ada beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan, bukan hanya memainkan suara masteran lovebird. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Gunakan lovebird yang masih muda.
  • Gunakan lovebird yang sudah mahir dalam berkicau.
  • Gunakan suara masteran Mp3 Lovebird.
  • Latih lovebird Anda dengan suara burung lain.

Pemasteran dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Menggantungkan lovebird yang akan dimaster dekat dengan lovebird yang sudah mahir berkicau, selama 2 – 3 jam setiap hari dalam satu ruangan.
  • Memutar suara lovebird mp3 secara otomatis, dengan menggunakan 2 – 3 jenis suara lovebird masteran.
  • Menggantungkan lovebird yang akan dimaster di tempat yang sama dengan lovebird yang sudah mahir berkicau, tidak peduli di mana lovebird yang sudah mahir tersebut digantung.

Pemilihan Suara Masteran untuk Lovebird

Selain menggunakan suara lovebird itu sendiri, lovebird juga bisa dilatih dengan suara burung lain yang memiliki karakter suara mirip, untuk meningkatkan variasi suara dan ngekek yang lebih baik.

Beberapa pilihan suara masteran lovebird meliputi:

  • Suara belalang: Suara belalang bisa menjadi masteran yang bagus karena suaranya tajam dan rapat, yang dapat membantu lovebird menjadi lebih baik dalam berkicau.
  • Suara burung tengkek: Suara burung tengkek yang rapat dan tajam cocok untuk latihan lovebird.
  • Suara kenari: Suara kenari yang merdu cocok digunakan sebagai masteran lovebird agar memiliki banyak variasi irama kicauan.
  • Suara burung cililin: Suara burung cililin yang nyaring dan tajam, jika dilatih pada lovebird, akan membuatnya memiliki suara ngekek panjang dan nyaring sesuai karakter cililin.
  • Suara cucak jenggot: Suara cucak jenggot yang besetan cocok untuk menambah variasi suara lovebird dan digunakan sebagai suara masteran burung labet.
BACA JUGA :  Panduan Mudah Beternak Lovebird untuk Pemula

Namun, jika Anda ingin lovebird peliharaan Anda memiliki variasi suara yang lebih banyak, Anda juga dapat mencoba suara masteran burung prenjak betina, ciblek, dan jenis burung lainnya.

Waktu Pemasteran Lovebird

Pemasteran lovebird dapat dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, atau sore. Untuk pemasteran pada pagi hari, Anda dapat memulainya antara jam 7 hingga 9 pagi. Untuk pemasteran siang hari, lakukan latihan antara jam 12 siang hingga jam 1 siang, dan untuk pemasteran sore hari, lakukan latihan antara jam 4 hingga jam 6 sore.

Untuk mendapatkan kicauan yang terbaik, perawatan yang rutin diperlukan untuk membantu lovebird menirukan suara kicauan dengan baik dan menjaga stamina yang baik.

Selain pemasteran, pemberian pakan lovebird yang berkualitas juga penting untuk menjaga kesehatannya, agar tidak terlalu gemuk atau kurus, yang dapat memengaruhi kualitas suara kicauannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *